NUZULUL QUR'AN: PERISTIWA BERSEJARAH UMAT ISLAM


Pict by Pinterest


Bulan Ramadhan adalah momen istimewa bagi umat Muslim, salah satunya karena terdapat peristiwa bersejarah yang dikenal dengan malam Nuzulul Qur'an, di mana Al-Qur'an diturunkan ke bumi atas kehendak Allah SWT. pada tanggal 17 Ramadhan  610 M.

Dalam sejarah tercatat, bahwa Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun, 2 bulan, 22 hari. Di mana, ayat pertama Al-Qur'an diturunkan di Goa Hira, Mekkah pada tahun 610 M. 

Sejarah malam Nuzulul Qur'an adalah peristiwa penting, di mana Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai wahyu pertama yang sekaligus menjadi awal kenabian Nabi Muhammad SAW. Istilah "Nuzulul Qur'an" berasal dari dua kata, yaitu "Nuzulul" yang berarti menurunkan sesuatu dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, dan "Qur'an" yang merujuk kitab suci umat Muslim. 

Al-Qur'an menjadi awal penyebaran Islam, ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun sedang berdiam diri  di Goa Hira karena merasa prihatin terhadap kondisi masyarakat jahiliah di Mekkah. Di sinilah Malaikat Jibril tiba-tiba muncul di hadapannya. Rasulullah terkejut dan ketakutan oleh kehadiran Malaikat Jibril, namun kemudian diselimuti olehnya dan disuruh untuk membaca. Inilah permulaan dari wahyu Al-Qur'an  pertama yang disampaikan kepada Nabi Muhammad yaitu Q.S Al-Alaq ayat 1-5.

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ ۝١ خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ ۝٢ اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُ۝٣
الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ ۝٤عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ ۝٥

Artinya: Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan! Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah! TuhanMu lah Yang Maha Mulia. Yang mengajar (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. (Q.S Al-Alaq 1-5).

Dengan turunnya Al-Qur'an juga menjadi jawaban atas berdiam dirinya Nabi Muhammad SAW di Goa Hira dan kegelisahannya terhadap masyarakat jahiliah di Mekkah. Hal tersebut adalah sebuah bentuk kasih sayang Allah SWT. yang memiliki sifat Ar Rahman dan Ar Rahim dalam memberikan petunjuk kepada umat Muslim di Mekkah pada waktu itu.


Malam Nuzulul Quran, yang diperingati setiap tanggal 17 Ramadhan, memiliki lima keistimewaan, diantaranya yaitu:

1. Malam Nuzulul Qur'an dianggap lebih baik daripada seribu bulan, seperti yang disebutkan dalam Surat Qadr ayat 3.
لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ
Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan,"

2. Malam Nuzulul Qur'an penuh dengan keberkahan, sebagainya yang terkandung dalam Q.S  Ad-Dukhan ayat 3. 
اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةٍ مُّبٰرَكَةٍ اِنَّا كُنَّا مُنْذِرِيْنَ
Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan,"

3. Malam Nuzulul Qur'an adalah malam saat para malaikat turun ke bumi, termasuk Malaikat Jibril, seperti yang dinyatakan dalam Q.S Al-Qadr ayat 4. 
تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ
Artinya: "Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan,"

4. Bagi mereka yang menghidupkan malam Nuzulul Quran akan diampuni dosa-dosanya, sebagaimana yang disampaikan dalam hadis riwayat Bukhari.
Artinya: "Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni," (HR Bukhari).

5. Takdir tahunan dicatat, termasuk rezeki, keberuntungan, dan lain-lain, sebagaimana yang disebutkan dalam Q.S Ad-Dukhan ayat 4.
فِيۡهَا يُفۡرَقُ كُلُّ اَمۡرٍ حَكِيۡمٍۙ‏
Artinya: "Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,"

Itulah peristiwa bersejarah malam Nuzulul Qur'an beserta keistimewaann-keistimewaan. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam...






Dep. Litbang JQH Al-Furqan UIN Salatiga



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSYKER JQH AL-FURQAN UIN SALATIGA

Awal mula Penetapan Kelender Hijriah oleh Khalifah Umar Bin Khattab

GSQ (Gebyar Seni Qur'aniyy) yang KE XV : "Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Unggul dalam Prestasi"