MOMENTUM RAMADHAN: JQH FESTIVAL & KHATAMAN AKBAR MEMBAWA KEBERKAHAN

 

Document Pribadi JQH Al-Furqan

Pada hari Rabu tepatnya tanggal 20 Maret 2024, JQH Al-Furqan kembali menyelenggarakan event JQH Fest yang bertempat di kampus 1 UIN Salatiga. Berbagai rangkaian acara pembukaan serta bermacam-macam perlombaan dilaksanakan. Adapun beberapa cabang lomba yang terlaksana secara offline diantaranya adalah MHQ, MTQ, MKQ, MQK, dan Cover Sholawat. Selain itu, terdapat juga perlombaan yang dilaksanakan secara online, yaitu, Esai dan Poster Digital. 

Meski diadakan selama bulan ramadhan, hal ini tidak mempersurut antusiasme para mahasiswa UIN Salatiga untuk mengikuti perlombaan yang ada didalamnya. Even JQH Festival ini rutin dilakukan oleh departemen kaderisasi guna melihat dan memperoleh kader-kader serta atlet-atlet baru dilingkungan UIN Salatiga pada bidang seni Qur'any. 

"Selamat datang kepada para peserta lomba JQH Fest 2024 semoga menambah ukhuwah islamiah serta pengalaman baru. Dan selamat berlomba tunjukanlah yang terbaik terhadap apa yang kita bisa". Ucap kanda Zulkarnain selaku ketua panitia even JQH Fest.

Seusai pelaksanaan even JQH Fest dilanjutkan dengan pelaksanaan kegiatan Khataman Al Qur'an 30 Juz uz Bil Ghoib dan Kajian Tafsir Tematik. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2024 yang bertempat di masjid At-Thoyar kampus 2 UIN Salatiga. Dengan mengusung tema "Raih Ramadhan dengan Genggaman Al-Qur'an". Kegiatan ini menjadi acara puncaknya JQH Fest karena dimana nantinya akan ada sesi penyerahan hadiah bagi para pemenang JQH fest. Acara khataman ini mengundang banyak mahasiswa antaranya mereka-mereka yang mendapat Beasiswa Tahfidz.

Kegiatan khataman ini menjadi tradisi tersendiri bagi UKM JQH Al-Furqan yang harus dilakukan setiap bulan ramadhan. Disisi lain ini menjadi pertama kalinya kegiatan Kajian Tafsir Tematik dilakukan bersamaan dengan kegiatan Khataman Akbar. Acara ini dibukan oleh MC dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an yang dilantunkan oleh kanda Ajam Jamhari yang mana merupakan juara 1 pada perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) pada even JQH Fest. 

Kegiatan Khataman 30 Juz Bil Ghoib dimulai pada hari Sabtu pagi. Dimana dalam kegiatan ini para perserta pembaca Bil Ghoib dibagi dalam beberapa majelis. Yang nantinya mereka akan melantinkan hafalan Al-Qur'an nya dan disimak oleh beberpa pengurus yang sebelumnya pun sudah dibagi dalam majelis tersebut. Saat memasuki waktu dzuhur merupakan masa untuk beristirahat dimana semua peserta dan pengurus bersama-sama melaksanakan sholat dzuhur berjamaah. 

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh ketua panitia kegiatan, ketua umum JQH Al-Furqan serta pembina  JQH Al-Furqan. Syukur Alhamdulillah dalam momentum yang Insyaallah penuh barokah ini, Pak Nuriansah selaku pembina JQH Al-Furqan dapat membersamai kegiatan ini.

"Dalam momentum ini akan menumbuhkan spirit kita dalam menghafal Al-Qur'an. Al Qur'an menjadi pedoman kita di dunia dan di akhirat, melalui kegiatan ini semoga semakin mempertebal keyakinan kita kepada Allah SWT dan mempertebal hafalan kita kepada Al-Qur'an. Saya ucapkan juga selamat untuk para juara perlombaan JQH Fest. Bagi yang belum juara asah lagi kemampuannya, jadikan ini sebuah momentum untuk mengasah skill yang dimiliki". Tutur pembina JQH Al-Furqan dalam sambutannya.

Acara dilanjut dengan pelaksanaan Kajian Tafsir Tematik dengan pembicara Ustadz M. Wahyudi, S.E, yang mana merupakan alumni dari JQH Al-Furqan.  Kegiatan dilanjut dengan pelaksanaan buka bersama. Dimana sebelumnya telah dilakukan juga sesi penyerahan hadiah pemenang perlombaan JQH Fest yang telah diadakan.

"Semoga acara ini dapat memberkahi kita semua, semoga JQH selalu istiqomah dan kampus menjadi keberkahan tersendiri bagi kampus kita karena adanya kegiatan ini, terlebih dilaksanakan pada bula yang suci ini". Tutur  kanda Habibi selaku ketua umum JQH Al-Furqan.





Dep. Litbang JQH Al-Furqan UIN Salatiga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSYKER JQH AL-FURQAN UIN SALATIGA

Awal mula Penetapan Kelender Hijriah oleh Khalifah Umar Bin Khattab

GSQ (Gebyar Seni Qur'aniyy) yang KE XV : "Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Unggul dalam Prestasi"