Yang Mahal itu GAYA Hidup bukan BIAYA Hidup

 

                              

Mari kita bahas apa itu Gaya Hidup Minimalis ( Minimalism Lifestyle ) ?

  Sering orang mengartikan hemat itu pelit, padahal thrifty not stingy karena hemat itu bukan brarti menghabiskan uang paling sedikit, namun ketika aku atau kamu membeli barang-barang murah tanpa memperhatikan kualitas atau aspek lainnya itu bisa jadi boros. Jadi hemat itu bisa diartikan seseorang yang menghindari pengeluaran yang berlebeihan, dan biasanya berpikir jangka panjang. Perbedaan hemat dengan pelit dapat dilihat melalui contoh berikut: 

               Kamu membeli sebuah sepatu yang paling super duper murah meriah (pelit). Okelah dalam satu waktu itu menghemat uang. Namun dalam membeli sepatu kamu hanya memperhatikan barangnya dari aspek harga (pelit). Fungsi dan kualitas kamu lupakan, bisa jadi belum juga sebulan penuh dipakai sepatu itu sudah rusak, akibatnya hal ini mengharuskan untuk beli lagi. Nah yang tadinya mau berhemat ujungnya gak jadi berhemat dong jadi harus nambah dana lagi buat beli sepatu.

    Kemudian pembahasan selanjutnya Hemat dengan Gaya Hidup Minimalis juga berbeda karena  Gaya Hidup Minimalis itu adalah posisi dimana ketika kita dalam menyikapi hidup itu lebih memprioritaskan segala sesuatu yang penting bagi kita.Bahkan terkadang menghabiskan banyak uang yang cukup banyak. 

Contoh perbedaannya : Hari Minggu kamu berjalan jalan disebuah pasar, tanpa sengaja kamu menemukan diskon yang cukup besar, Kemudian tergiurlah kamu dan beli barang itu dengan cukup banyak karena berpikir itu akan lebih hemat untuk kedepannya. Kemudian lagi scroll TikTok tidak sengaja juga menemukan barang yang sedang diskon katakanlah beli 2 dapet 4. Kamu tergiur kemudian beli juga karena kamu berpikir ini hemat, kapan lagi ada diskon ya kann. Tetapi disini kita tidak memikirkan kondisi rumah atau kebutuhan yang benar-benar penting dari barang yang tidak digunakan segera. 

     Masih bingung, katanya gaya hidup lebih mahal dari pada biaya hidup, kok malah disuruh untuk gaya hidup minamilis yang dianggap lebih mahal. Ok KENAPA PENTING YA?

        Jawabannya walaupun gaya hidup minimalis lebih mahal dari pada gaya hidup hemat namun gaya hidup minimalis itu lebih simple atau sederhana dari pada hemat yang tanpa memikirkan barang sesuatu yang benar-benar dianggap penting untuk dibeli seperti yang sudah saya contohkan diatas.Namun gaya hidup hemat lebih baik dari pada gaya hidup materialistis dan gaya hidup konsumtif karena gaya hidup hemat masih memikirkan cara untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan dan memikirkan jangka panjang walaupun terkadang ada barang yang merepotkan jika tidak segera dipakai atau diganti.

"Kita sering coroboh membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, membeli berdasarkan keinginan bukan kebutuhan"nah itulah yang membuat gaya hidup lebih mahal dari biaya hidup

    


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSYKER JQH AL-FURQAN UIN SALATIGA

Awal mula Penetapan Kelender Hijriah oleh Khalifah Umar Bin Khattab

GSQ (Gebyar Seni Qur'aniyy) yang KE XV : "Mewujudkan Generasi Qur'ani yang Unggul dalam Prestasi"